Semangat LKPP Gaungkan Digitalisasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Direktur Advokasi Pemerintah Daerah LKPP Iwan Herniwan dalam kegiatan Bimbingan Teknis unutk BUMN dan Pelaku Usaha pada Business Matching Tahap IV.

Badung – Semangat digitalisasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah atau PBJP melalui e-marketplace terus digaungkan, sejak dimulai pada awal tahun 2022 dengan berbagai inovasi dan strategi baru, pelaku usaha menjadi salah satu mitra yang terus didampingi oleh LKPP untuk dapat terlibat lebih banyak dalam pasar digital saat ini.

“Dalam hal pasar pengadaan barang jasa pemerintah, LKPP berperan menjadi ‘mak comblang’ yang mempertemukan penjual (pelaku usaha) dan pembeli (pemerintah) dari sisi strategi kebijakan”, kata Direktur Advokasi Pemerintah Daerah LKPP Iwan Herniwan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) unutk kelas Produsen, Penyedia, dan BUMN yang dibuka dalam kegiatan Bussines Matching Tahap IV di Bali Nusa Dua Convention Center pada Jumat (7/10).

Untuk memfasilitasi proses pelanja pemerintah pada Katalog Elektornik, LKPP telah menyediakan 13 etalase yang dibuka dalam Katalog Elektronik Lokal bagi Pemerintah Daerah. 13 etalase ini kemudian menjadi “warung” yang dapat dipakai untuk mengumpulkan pelaku usaha daerah setempat berdasarkan jenis usaha yang dikerjakan.

“Para pelaku usaha dari tiap daerah yang telah memiliki akun pada Katalog Elektronik Lokal, dapat memantau pengumuman produk apa saja yang dibutuhkan oleh tiap Pemerintah Daerah yang akan dimunculkan dalam etalase yang dibuka. Setiap Pemerintah Daerah pengelola Katalog Elektronik Lokal juga diberikan kebebasan untuk mengajukan etalase baru yang dirasa perlu untuk ditambahkan sesuai dengan ketersediaan barang/jasa tersebut di daerah”, ucap Iwan.

Iwan juga menyampaikan harapannya kepada para pelaku usaha yang akan dan telah bergabung dalam Katalog Elektronik Lokal, agar dapat menyiapkan strategi pasar 2023 untuk mengantisipasi perubahan – perubahan kebijakan yang akan datang. 

Salah satu peserta kelas bimtek yang hadir, menyampaikan harapan kepada LKPP untuk tetap gencar dalam melakukan sosialisasi kepada para Kepala Daerah dan pihak – pihak terkait, agar segera melakukan proses belanja pada Katalog Elektronik Lokal, dan memberikan kesempatan kepada seluruh UMK untuk mendapatkan kesempatan yang sama. (mos)