BIMTEK & DISKUSI P3DN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH, SERTA PERHITUNGAN TKDN

BONTANG, 20 OKTOBER 2022

Bertempat Di Pendopo Wali Kota Bontang, Pemerintah Kota Bontang, melalui Bagian Pengadaan Barang//Jasa (UKPBJ), telah melaksanakan Bimtek dan Diskusi Pemenuhan Peningkatan Produk dalam Negeri (P3DN) serta Perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (PDN) dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah kepada Organisasi Perangkat Daerah dan Pelaku Usaha di Kota Bontang.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretariat Daerah Ibu Aji Erlynawati, M.T dan dihadiri oleh Wali Kota Bontang Bapak Basri Rase, S.IP , Ibu Anik Nurul Aini dari Biro Pengadaan Barang/Jasa Prov kaltim serta Bapak Pambudi Raharjo dari SUCIFINDO Kota Bontang selaku Narasumber.

Basri Rase, Wali Kota Bontang, mengapresiasi kepada para peserta dan tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan tersebut. Khususnya kepada SUCOFINDO yang telah menjadi narasumber perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Kota Bontang.

Menurutnya, Bimtek dan Diskusi ini bertujuan sebagai wujud nyata Kota Bontang melaksanakan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022. Basri juga berharap agar Bimtek dan Diskusi ini dapat menumbuhkan industri lokal khususnya di Kota Bontang.

“Kita semua berharap bahwa Instruksi Presiden Republik Indonesia (Nomor 2 Tahun 2022) dapat kita laksanakan di Kota Bontang, tidak hanya memenuhi ambang batas minimum 40%, tetapi bisa 50% bahkan 60% tingkat TKDN,” ujar Basri.

Andarias Sudidi, Kepala Cabang Bontang, menyampaikan bahwa SUCOFINDO Cabang Bontang mendukung setiap kegiatan usaha yang ada di Kota Bontang serta kepatuhannya dalam menerapkan UU dan aturan yang berlaku khususnya TKDN.

“Kami berharap melalui sosialisasi TKDN ini, seluruh peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kebijakan, peraturan, dan penerapan P3DN, sehinggan mampu memberikan nilai tambah bagi bisnis pelaku usaha di kota Bontang,” kata Andarias.

Selanjutnya, menurut Muhammad Shofyan Hady, Kepala Bidang Dukungan Bisnis SUCOFINDO Cabang Bontang  mengatakan bahwa SUCOFINDO senantiasa menjadi rekan pemerintah dan juga pelaku usaha dalam pemastian di berbagai sektor bisnis. “Tak hanya untuk sertifikasi TKDN, kami mampu mendukung pelaku usaha di kota Bontang untuk sertifikasi halal,”kata Sofyan.